Pengunjung Website

We have 16 guests and no members online

1. Gudeg Manggar Bu Tinur – Waroeng Joglo

Gudeg biasanya dibuat dari gori atau nangka muda. Namun, beberapa variasinya justru dibuat dari manggar atau bunga kelapa yang dimasak dengan bumbu gudeg pada umumnya. Setelah matang, manggar akan dipotong dan disajikan dengan side dish lain seperti telur atau ayam bacem, sambal, dan krecek yang nikmatnya nendang. Kalau ke Yogyakarta, salah satu kedai gudeg manggar terbaik dikelola oleh Bu Tinur.

Jam Operasional : 08.00-20.30

Gudeg Yu Djum

2. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum adalah menu paling melegenda di Yogyakarta dan resepnya sudah diturunkan hingga empat generasi. Dengan sajian gudeg kering, pengunjung bisa membeli dalam jumlah banyak untuk oleh-oleh atau dinikmati langsung di lokasi. Oh ya, warung ini kerap memperbolehkan wisatawan ke dapur dan menyaksikan proses pembuatan gudeg.

Jam Operasional: 06.00-22.00

3. Gudeg Pawon

Kalau gudeg lain buka pagi buta dan kerap dikonsumsi sebagai sarapan. Gudeg Pawon justru buka nyaris tengah malam atau pukul 22.00 WIB. Dengan lokasi jualan di pawon (dapur), puluhan orang siap antre untuk menyantap gudeg manis lengkap dengan sambal goreng krecek, ayam, dan juga cabai hijau yang bisa diceplus bersama nasi.

Jam Operasional: 22.00-24.00

4. Gudeg dan Mangut Lele Mbah Marto

Konsep jualan dari kedai ini nyaris sama dengan Gudeg Pawon. Pengunjung yang datang bisa langsung ambil makanan di dapur sesuai dengan keinginan. Kamu bisa makan gudeg tradisional dengan tambahan telor atau ayam, kemudian menyantap nikmatnya mangut lele yang memiliki aroma sedap. Kalau kamu ingin mencoba makan gudeg campur mangut, bisa banget! Rasakan sensasi manis gudeg bercampur pedas dan gurihnya bumbu andalan Mbah Marto.

Jam Operasional: 11.00-16.00

5. Gudeg Mercon Bu Tinah

Kebanyakan gudeg di Yogyakarta menonjolkan rasa manis dan gurih, tapi buatan Bu Ngatinah justru memberikan rasa pedas yang menggigit. Seporsi menu dari warung yang telah berdiri sejak 1998 ini terdiri dari gudeg yang tidak terlalu manis, krecek super pedas dengan irisan cabai, tumis sayur, dan lauk yang bisa disesuaikan dengan selera.

Jam Operasional: 21.00-01.00

6. Gudeg Bu Tjitro “1925”

Gudeg Bu Tjitro menyediakan dua cara menikmati gudeg. Pertama dimakan langsung di lokasi yang suasananya cukup bersih dan luas. Kedua dengan dibawa pulang dalam bentuk oleh-oleh. Gudeg sudah dikemas dalam kaleng sehingga keawetannya sangat terjamin. Kalau kamu makan di sana, nikmati satu kepal nasi punel ditambah gudeg setengah kering, ayam bumbu santan kuning dan juga krecek agak pedas.

Jam Operasional: 08.00-22.00

7. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan yang sangat nikmat ini memiliki rasa pedas langsung dari bumbunya. Tidak diberi sambal goreng krecek tapi tetap ada baceman dan menggunakan telor bebek sehingga rasa gurihnya semakin terasa. Terakhir, ayam dengan bumbu kuning kental bisa menjadi pelengkap yang sempurna.

Jam Operasional: 11.00-24.00

 

sumber: Traveling Yuk

Joomla SEF URLs by Artio