Pengunjung Website

We have 27 guests and no members online

Satu lagi wisata eksotis di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di Dusun Rejosari Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Air Terjun Randu Sari merupakan satu tempat wisata alam yang menyuguhkan panorama menawan.

Suara kicau-kicauan burung, heningnya suasana alam, serta panorama bentangan sawah nan hijau, sangat cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri sekaligus menyegarkan pikiran dari rutinitas sehari-hari dan hiruk-pikuknya kota.

Air Terjun Randu Sari, pertama kali ditemukan pemancing di Dusun Randu Sari. Air terjun yang terletak di area perbukitan kapur ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, suasana alam yang masih natural sangat terasa di tempat tersebut.

Perjalanan dimulai setelah memarkir kendaraan di rumah penduduk dan berjalan sekitar 200 meter, melewati jalan-jalan desa setapak serta pematang sawah. Sesampainya di lokasi, pengunjung akan melihat papan dengan quote-quote unik. Sebut saja Wajahmu Tak Seindah Alamku, Sendiri Itu Menikmati Hidup yang Sebenarnya, dan Awas Banyak Tikungan-Tikungan Teman.

airterjunrandusari

Lalu segarnya air terjun dan sejuknya udara di sekitar air terjun, akan memanjakan pikiran serta hati pengunjung. Ada juga ayunan dari kain (hammock) yang membentang. Sangat cocok untuk bersantai dengan membaringkan tubuh sembari melepas lelah dan menikmati indahnya Air Terjun Randu Sari.

Air Terjun Randu Sari dikelola oleh pemuda Dusun Rejosari. Untuk parkir di rumah penduduk dikenai tarif Rp 3.000, sedangkan biaya masuk kawasan air terjun hanya Rp 1.000 per orang.

Setelah puas berfoto dan menikmati keindahan serta kesejukan alam air terjun, pengunjung dapat beristirahat dirumah penduduk. Rumah penduduk sekaligus warung tersebut menyajikan berbagai minuman dan makanan siap saji, seperti teh dan mie goreng. Di rumah penduduk setempat tersebut, pengunjung bisa mengganjal perut sembari bercengkerama dengan sang empunya rumah.

Rute menuju ke sana adalah dari Jogja - Jalan Wonosari - Pos Polisi Pathuk, belok kanan ke arah Kecamatan Dlingo - Dusun Dodogan - mengikuti papan petunjuk Air Terjun Randusari - Air Terjun Randusari

Atau bisa juga dari Jogja - Jalan Imogiri Barat ke arah Mangunan - simpang tiga Mangunan belok kanan (jika ke kiri menuju Hutan Pinus) - Dusun Dodogan - mengikuti papan petunjuk Air Terjun Randusari - Air Terjun Randusari

 

Sumber: travel.tribunnews.com
Foto: marikitadolan.com

Joomla SEF URLs by Artio