Pengunjung Website

We have 12 guests and no members online

Jika anda mencari alternatif obyek wisata baru di Yogyakarta yang sedikit eksotis, bolehlah anda mampir ke Gua Tanding. Terletak tak jauh dari Gua Pindul, tepatnya di dusun Gelaran II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, gua yang diresmikan belum lama ini siap memanjakan anda dengan liburan tak terlupakan.

Gua yang awalnya hanya bisa dimasuki lewat sebuah sumur milik Mbah Harto Tanding ini —yang kemudian mendasari penamaannya—, menawarkan paket caving yang sedikit berbeda dengan Gua Pindul. Jika Gua Pindul dikenal dengan cave tubing yaitu menyusuri gua dengan menggunakan ban dalam, maka Gua Tanding menawarkan susur gua dengan menggunakan perahu karet yang bisa dinaiki secara berkelompok.

guatanding

Nah, aliran sungai bawah tanah di dua gua ini masih satu aliran lho. Dengan biaya sekitar Rp 250.000,00 per orang, anda bisa melakukan caving di gua sepanjang kurang lebih 450 meter ini selama kurang lebih 1,5 jam. Memang sedikit mahal, tapi pengalaman di obyek wisata baru di Yogyakarta ini bakal memuaskan hasrat petualangan anda. Paket susur guanya tergolong lengkap dengan perlengkapan keamanan standar, asuransi, pemandu, dan makan.

Stalagmit dan stalagtit bakal memukau anda dengan warna keemasan karena masih sangat alami. Aliran sungai bawah tanah dan kegelapan gua dengan makhluk-makhluk di dalamnya akan semakin membuat perjalanan caving semakin berkesan. Oh ya, kedalaman air Gua Tanding ini sekitar 4 meter dengan jarak permukaan air dengan bagian atas gua sepanjang 5-16 meter, lebar 4-9 meter. Mm, bukankah gua ini semakin terlihat eksotis saja?

 

Sumber: jogjalan.com

Joomla SEF URLs by Artio