Pengunjung Website

We have 21 guests and no members online

Sleman kini juga mencuri perhatian dengan wisata Bukit Klangon. Meski mengusung konsep gardu pandang, namun yang dimiliki Sleman ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan Bukit Lintang Sewu seperti di Bantul. Pasalnya panorama alam yang disajikan jauh berbeda.

Keindahan Bukit Klangon Merapi ini adalah background dari gardu pandang yang berupa Gunung Merapi. Karena lokasi Bukit Klangon ini terletak di lereng Merapi, tentu saja Gunung yang sangat aktif itu terlihat begitu gagah dan besar, sehingga sangat mempesona memperlihatkan kebesaran Sang Pencipta.

Bukit Klangon sendiri merupakan nama sebutan oleh pengguna media sosial. Aslinya tempat wisata baru di kawasan Merapi ini memiliki nama Wisata Alam Bukit Glagaharjo. FYI, tempat ini memang mendapat donasi pengembangan wisata minat khusus oleh Riotary International. Gardu Pandang Bukit Klangon Glagaharjo ini memiliki ketinggian 5 meter dan cukup kokoh. Wisatwan bisa mengabadikan gambar dengan background Merapi yang begitu gagah.

bukit klangon

Selain sebagai tempat wisata dengan spot selfie gardu pandang, Bukit Klangon ini lebih dulu dikenal sebagai tempatnya pecinta Downhill. Pasalnya, tempat ini dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill bagi para pembalap sepeda gunung (MTB). Bukit Klangon ini juga rutin menyelenggarakan even kejuaraan sepeda baik tingkat regional maupun nasional. Saat ini, Bukit Klangon juga menjadi satu satunya lintasan sirkuit Downhill terbaik di DIY.

Secara administratif lokasi Bukit Klangon ini terletak di Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Lokasinya memang terletak di daerah Kawasan Rawan Bencana III atau dekat dengan The Lost World Castle. Jika diakses dari pusat Kota Jogja membutuhkan waktu sekitar 30 menit. 

Bagi yang masih kebingungan, untuk menuju ke Bukit Klangon Merapi ini silakan ambil rute menuju Kaliurang dan setelah ada pertigaan arah ke kaliadem/cangkringan belok kanan. Ada pertigaan menuju merapi Golf atau The Lost Worldd Castle ambil kanan lurus ke timur nanti ada pertigaan ambil keiri lurus terus. Dari sana sudah ada banyak papan penunjuk rute Bukit Klangon. Bukit Klangon ini letaknya sekitar 2 km dari The Lost World Castle dan menjadi tempat tertinggi di lereng Merapi yang dihuni oleh warga.

 

Sumber: wisatabaru.com

Joomla SEF URLs by Artio