Pengunjung Website

We have 9 guests and no members online

Yogyakarta menjadi tujuan wisata banyak orang untuk mengisi libur Natal dan Tahun Baru 2019. 

Salah satu atraksi wisata yang bisa dikunjungi ketika libur akhir tahun ada di lereng selatan Gunung Merapi, yakni Festival of Light Kaliurang. Acara ini diadakan sejak 15 Desember 2018 sampai 20 Januari 2019 di Gardu Pandang Kaliurang.

festivaloflight1

Festival of Light memang rutin mewarnai libur Natal dan Tahun Baru sejak 2015. Seperti namanya, acara ini menghadirkan atraksi berupa tata cahaya lampu berwarna-warni yang begitu indah.

Acara yang diselenggarakan oleh pihak Taman Pelangi ini hampir selalu menjadi destinasi favorit wisatawan. Warna-warni gemerlap cahaya lampu yang begitu banyak memang sukses menarik minat pengunjung yang sedang berlibur ke Jogja.

Selain menyajikan keindahan tata cahaya lampu yang menawan, lokasi Festival of Light di Kaliurang dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat udara begitu dingin dan sejuk.

Penyelenggaraan Festival of Light kali ini juga spesial karena pengunjung bisa naik balon udara. Tak sekadar hiasan, balon udara itu memang bisa terbang setinggi kurang-lebih 30 meter dengan udara panas.

balonudarafol

Wahana balon udara itu bisa dinikmati mulai pukul 17.00 WIB ketika buka. Untuk menikmatinya, pengunjung harus membayar Rp 75.000 per orang.

Balon udara bisa dinikmati ketika cuaca sedang baik seperti tidak hujan atau ketika angin tidak berembus kencang. Jika cuaca kurang mendukung, maka pengunjung tidak bisa naik balon terbang itu.

Tak hanya menghadirkan balon terbang. Festival of Light Kaliurang kali ini juga menghadirkan wahana permainan yang tidak kalah menarik, yakni sky rink. Di wahana ini, pengunjung bisa meluncur bagaikan bermain skating di atas permukaan es. Pengelola telah menyediakan sepatu luncur, komplet dengan perlengkapan keamanan seperti pelindung lutut dan helm bagi mereka yang ingin meluncur di wahana ini.

festivaloflight3

Untuk menikmati wahana sky rink ini, pengunjung harus membayar sebesar Rp 40.000. Jika cuaca tidak mendukung untuk naik balon, maka berseluncur di sini bisa menjadi alternatif lain untuk menikmati malam liburan di Festival of Light Kaliurang.

Festival ini juga menjadi tempat alternatif untuk merayakan tahun baru 2019. Pengelola akan mengadakan pesta kembang api untuk semakin memeriahkan momen pergantian tahun nanti. Kembang api akan diluncurkan tepat pukul 00.00 WIB, 1 Januari 2019.

Sampai 20 Januari 2019 nanti, Festival of Light Kaliurang akan buka dari pukul 17.00 sampai 22.00 WIB ketika hari kerja dan sampai 23.00 saat akhir pekan. Tarif masuknya Rp 25.000 ketika weekend dan Rp 20.000 saat hari kerja.

Jangan sampai kelewatan ya.

Sumber: travel.kompas.com
Foto: berbagai sumber

Joomla SEF URLs by Artio