Pengunjung Website

We have 3 guests and no members online

Pada 24-26 November 2017, Kabupaten Kulon Progo di DI Yogyakarta akan menggelar festival kebudayaan besar yang disajikan dengan modern selama tiga hari. Acara yang digadang-gadang menjadi acara kebudayaan kelas internasional tersebut bernama KULFEST-Festival Kampoeng Nusa

"Nanti akan ada banyak aktivitas selama tiga hari itu. Bisa ikut kursus kebudayaan, lihat pertunjukan, wisata di sekitar, jadi saling berganti full selama tiga hari itu," ujar seniman Didik Nini Thowok saat peluncuran acara tersebut di Jakarta, Jumat (25/8/2017).

kulfest

Didik Nini Thowok, sang maestro tari Indonesia, menjadi penggagas acara ini. Ia mengaku berawal dari kecintaan yang luar biasa terhadap budaya asli Indonesia. Akhirnya ia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dan teman-teman seniman di Indonesia dan mancanegara. Mereka sepakat untuk menyelenggarakan festival yang memadukan berbagai macam pertunjukan kebudayaan.

"Tujuannya memperkenalkan kembali jati diri bangsa yang memiliki nilai budaya adi luhung, lewat pertunjukan kolaborasi budaya lintas zaman di Indonesia," ujarnya yang sudah menekuni seni tari selama 41 tahun.

Donny Moeladi selaku ketua penyelenggara menjelaskan acara tersebut diselenggarakan di destinasi wisata Bendung Khayangan dengan luas area tiga hektar. Sepertiga area akan digunakan sebagai area tenda, juga beberapa panggung. Sedangkan sisanya menjadi atraksi wisatawan, seperti pesawahan.

Di KULFEST akan ada beberapa panggung antara lain panggung khusus tari, panggung di sisi sungai, dan panggung utama tempat berbagai artis lokal maupun internasional tampil.

Pihak penyelenggara dan tentunya Didik Nini Thowok turut mengangkat kesenian dari tujuh daerah Indonesia. Antara lain Gending Sriwijaya (Palembang), Anak Agung Serame Semadi (Bali), Seblakan Sesutane (Banyumas), Joko Mursito (Kulon Progo), Halilintar Latief (Sulawesi), juga kesenian dari Yogyakarta dan Cirebon.

Hadir pula kebudayaan dari luar negeri yang akan unjuk kebolehan, antara lain India, Jepang, Thailand, Tiongkok, dan Australia. Acara ini juga dimeriahkan artis dan band-band terkemuka di Indonesia, seperti Andien, Dewa Bujana, Tri Utami, Endang Soekamti, Sheila on Seven, dll.

Ia sendiri menyasar generasi milenial untuk mayoritas wisatawan yang datang. Dengan domisili dari lokal maupun asing dengan jumlah total 1.000 wisatawan.

Kabupaten Kulon Progo sendiri dipilih karena Didik Nini Thowok memang sudah satu tahun berupaya membangkitkan kembali budaya setempat. Budaya yang tersimpan kembali ia angkat, ia promosikan, dan ia lestarikan untuk mensejahterakan warga di sana.

Harga tiket adalah Rp 225.000 untuk 1 day pass (satu hari), dan Rp 625.000 untuk 3 days pass (3hari).

 

Sumber:  travel.kompas.com
Foto: kulfest.com

Joomla SEF URLs by Artio