Pengunjung Website

We have 22 guests and no members online

Selama ini destinasi yang paling populer di Kulonprogo adalah Waduk Sermo, Hutan Wisata Kalibiru, juga Pantai Glagah. Namun belakangan ini muncul tempat wisata baru yang mencuri perhatian publik. Dia adalah Hutan Mangrove Jembatan Api-api atau yang juga dikenal dengan nama Hutan Mangrove Congot.

Sebenarnya, hutan mangrove ini sudah ada sejak dulu, bahkan menjadi salah satu site mangrove alami di Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, pengembangan sebagai tempat wisata baru saja dilakukan tahun 2016. Warga yang sadar akan potensi wisata kawasan ini lantas menggembangkan hutan mangrove yang tadinya terlantar menjadi lokasi wisata yang menarik.

Wisatawan yang berkunjung ke Mangrove Jembatan Api-api akan disambut hutan mangrove yang hijau. Di sela-sela rimbunnya pokok mangrove sudah dipasang jalur untuk pejalan kaki berupa titian bambu dan kayu. Di beberapa titik terdapat gazebo kayu maupun spot-spot menarik yang asyik digunakan lokasi selfie.

Keluar dari rimbunnya mangrove, wisatawan akan bertemu dengan sungai yang cukup lebar, dialah anak Sungai Bogowonto yang mengalir hingga ke muara. Guna menuju blok mangrove yang ada di sisi selatan, telah dibangun beberapa jembatan bambu yang unik. Dari jembatan bambu inilah nama Jembatan Api-api dipopulerkan. Ada beberapa tipe jembatan yang bisa dilewati. Bagi para pemberani, silakan mencoba jembatan gantung yang akan bergoyang saat ada orang melangkah di atasnya. Sedangkan bagi yang memilih jalur aman bisa mencoba jembatan bambu lainnya yang berdiri dengan kokoh.

jembatanapiapi

Tak beda jauh dengan hutan mangrove di sisi utara, di sisi selatan ini juga terdapat banyak konstruksi unik terbuat dari bambu yang bisa digunakan sebagai lokasi berfoto. Salah satu yang menarik adalah menara bambu dan sepasang gerbang bambu di ujung dermaga yang menyerupai bangunan Pura Ulun Danu. Menyaksikan senja dari tempat ini pastilah akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Lantas jika sudah bosan jalan-jalan mengitari hutan mangrove, wisatawan bisa naik kapal menyusuri anak Sungai Bogowonto hingga tiba di muara.

Hutan Mangrove Jembatan Api-api terletak di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo. Tempat ini bisa dicapai dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Aksesnya sangat mudah. Kami hanya perlu menyusuri jalan utama Yogyakarta – Purworejo, menuju arah Pantai Glagah. Setelah itu ikuti Jalan Daendles hingga menemukan SD Jangkaran (dekat dengan jembatan Sungai Bogowonto yang menjadi pembatas Kulonprogo dan Purworejo). Setelah itu belok kiri dan ikutilah petunjuk arah yang ada.

Untuk menikmati suasana indah yang ditawarkan oleh wisata Jembatan Api-api, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang. Balita tidak dihitung. Sedangkan jika ingin naik kapal menyusuri anak Sungai Bogowonto, wisatawan wajib membayar biaya tambahan Rp 5.000 per orang.

 

Sumber: njogja.co.id

Joomla SEF URLs by Artio