Pengunjung Website

We have 11 guests and no members online

Selain di Mangunan, Bantul juga memiliki objek wisata hutan pinus lain yang tak kalah menawan.

Adalah hutan Pinus Pengger. Kawasan hutan pinus tersebut terletak di daerah, Sendangsari Terong, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger yang diresmikan bulan April tahun lalu, memiliki keistimewaan tersendiri. Di hutan pinus tersebut sunset nan eksotis bisa dinikmati kala senja menghampiri.

Melewati kawasan Watu Lempeng, panorama landscape yang luas bisa dinikmati melalui gardu pandang puncak hutan pinus sekaligus menemani senja hari para wisatawan. Walau terbilang baru, hutan pinus Pengger sudah punya fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari rumah pohon, jembatan pohon, gardu pandang puncak hutan pinus, gazebo-gazebo untuk beristirahat, dan warung makan.

hutanpinuspengger

Karya Seni dari akar dan kayu-kayuan juga menambah artistik hutan pinus tersebut. Jalan setapak menuju puncak hutan pinus Pengger, dilengkapi dengan pintu gerbang bulat yang terbuat dari akar dan kayu-kayuan. Suasana yang sunyi dengan luasnya hutan pinus juga cocok untuk para penggemar fotografi.

Untuk menuju lokasi tersebut tidaklah rumit, dari arah kota Yogyakarta kemudian menuju ke Jalan Wonosari sampai Bukit Bintang. Lalu perempatan Pathuk ke kiri, terus ikuti jalan sekitar 5,5 Km dan arah penunjuk jalan hutan pinus Pengger sudah bisa ditemukan.

Medan hutan yang bersahabat sangat cocok untuk wisata bersama keluarga, di sana juga terdapat bangku-bangku kecil untuk sekedar duduk atau berfoto. Jika membawa bekal makanan dari rumah, hutan Pinus Pengger menjadi tempat yang cocok untuk makan siang bersama, karena di kawasan hutan tersebut menyediakan Gazebo-gazebo yang cukup untuk berkumpul satu keluarga.

Biaya yang dikeluarkan untuk memasuki kawasan hutan Pinus Pengger tidak banyak. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp2.000 untuk parkir motor, Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 per orang untuk masuk ke kawasan wisata hutan Pinus tersebut.

Untuk saat ini hutan Pinus Pengger juga menyediakan fasilitas free wifi. "Sinyal di sini susah, oleh karena itu wifi ini dapat membantu pengunjung, sehingga komunikasi juga mudah, pengunjung juga dapat mengakses internet, untuk hanya sekedar upload foto atau untuk mengirim email pekerjaan sambil berlibur", Jelas salah seorang pengelola hutan Pinus Pengger. 

 

Sumber: tribunjogja
Foto: liputan6

Joomla SEF URLs by Artio