Pengunjung Website

We have 34 guests and no members online

Mau liburan gratis dengan pemandangan desa hijau nan permai?

Menjelajahi Yogyakarta bagian selatan kita akan menemukan desa wisata didaerah Imogiri yaitu Desa Kedung Miri. Desa wisata Kedung Miri ini berada di Dusun Kedungmiri Wunut, Desa Sriharjo, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata Kedung Miri ini memiliki spot yang bagus seperti jembatan gantung dari kayu yang lebih dikenal dengan Jembatan Kuning Imogiri, Air Terjun Kedung Miri dan beberapa potensi wisata yang menarik lainnya.   

Meskipun berstatus desa wisata, tak ada pungutan biaya sepeserpun cocok banget bagi  kamu yang sedang mencari tempat wisata di Jogja yang murah. Suasana desa ini akan membuat kamu jatuh cinta dan bikin enggak mau pulang. Kamu pun bisa homestay di rumah penduduk atau minta izin untuk membangun kemah, dan bersiaplah untuk menikmati suasana asri pedesaan. Keunggulan desa wisata Kedung Miri  ini mempunyai bentang alam yang dikelilingi perbukitan karst dan dibelah aliran Sungai Oya. 

desakedungmiri1

Perbukitan karst yang subur ini membentuk sistem sawah berundak yang dinamai terasering Sangupati  yang bertingkat-tingkat seolah terpahat indah di bukit karst.

desakedungmiri2

Dan juga Sungai Oya yang membelah pedukuhan, menciptakan tengara primadona yaitu Jembatan Gantung Siluk yang lebih dikenal sebagai Jembatan Gantung Selopamioro. yang paling menarik dan keren adalah jembatan gantung ini terbuat dari kayu dan berwarna kuning. Jembatan ini berada tepat di atas Sungai Oyo, jembatan sepanjang 70 meter yang membelah 2 desa, Selopamioro dan Sriharjo. Jangan lupa selfie kalo mau lewat jembatan ini guys !

desakedungmiri3

Desa Wisata Kedung Miri ini juga menyediakan wisata edukasi belajar Gamelan. Gamelan jogja merupakan gamelan yang sangat kental dengan gamelan Jawa, dengan alunan suara yang lebih kepada suasana meditasi sekaligus keselarasan terhadap alam semesta. Lantunan gamelan Jawa ini memiliki ekspresi yang menggambarkan jasmani dan rohani, yang bertindak dan bersikap lebih kepada keselarasan dunia. Pengunjung wisata Desa Wisata Kedung Miri bisa belajar lebih dalam mengenai alat musik ini cukup dengan membayar tiket masuk Rp 35.000 per orang. 

desakedungmiri4

Untuk menuju ke Desa Kedung Miri ini, kamu yang berangkat dari pusat Kota Yogyakarta dapat mengarah ke arah selatan. Sesampainya di Jalan Ring Road Selatan kemudian ikuti petunjuk arah ke Imogiri. Kemudian ke arah Desa Panggang atau Desa Siluk. Setelah bertemu dengan SMPN 2 kemudian mengikuti jalan beraspal ke arah kiri untuk menuju ke arah Desa Kedung Miri.

Sudah siap bertamasya?

 

Sumber: indonesiaspektakuler

Joomla SEF URLs by Artio