Pengunjung Website

We have 13 guests and no members online

Tak hanya pantai, Gunungkidul punya objek wisata edukasi Etalase Taman Batu.

Memanfaatkan kondisi geografis yang masuk dalam kawasan Gunung Sewu, Gunungkidul saat ini memiliki destinasi wisata yang sarat dengan nilai edukasi bagi para pengunjungnya. Destinasi tersebut bernama Etalase Taman Batu.

Etalase Taman Batu menyimpan ratusan koleksi batuan serta fosil yang diperoleh dari kawasan Gunung Sewu.  Etalase Taman Batu terletak di Dusun Mulo, Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

Sekitar 15 menit perjalanan dari Kota Wonosari ke arah selatan, tepatnya ke Pantai selatan, di situlah letak taman tersebut. Mengenai rute yang dilalui untuk sampai ke Etalase Taman Batu tidaklah sulit, Anda hanya perlu melakukan perjalanan darat dari Kota Wonosari menuju Desa Mulo.

Sesampainya di simpang tiga Mulo, silahkan ambil arah ke timur. Nantinya, setelah berjalan beberapa ratus meter ke arah timur, Anda akan menemukan Etalase Taman Batu yang berada di sebelah selatan Jalan tersebut.

Sesampainya di destinasi wisata ini, Anda akan disambut sebuah batu dengan ukuran besar berjenis Chalcedony. Hal itu bisa dipastikan karena di depan batu tersebut terdapat semacam prasasti yang terbuat dari bahan semen, di mana dalam prasasti itu berisi penjelasan mengenai batu besar tersebut.

tamanbatu1

Melangkah lebih jauh, tampak puluhan batu tertata dengan rapi baik di sisi timur dan barat. Tak hanya batuan saja, beberapa bongkah fosil kayu juga terpajang di kawasan yang dipenuhi pohon perindang ini.

Setelah berjalan lebih jauh, ada sebuah bangunan yang merupakan Etalase Taman Batu. Masuk ke dalam bangunan tersebut, Anda akan disuguhi ratusan batu dari berbagai jenis yang tersusun rapi di dalam etalase kaca maupun di dalam sebuah kotak display dari bahan kaca.

tamanbatu2

Kendati masih dalam taraf pengembangan, status Etalase Taman Batu saat ini telah dibuka untuk masyarakat umum. Selain itu, pihak pengelola juga belum mengenakan tarif untuk pengunjung yang hendak masuk ke Taman tersebut.

Ingin wisata sambil menambah wawasan, yuk ke Etalase Taman Batu.

 

Sumber: travel.detik.com
Foto: berbagai sumber

Joomla SEF URLs by Artio