Pengunjung Website

We have 12 guests and no members online

Suaka Margasatwa sermo berada tidak jauh dari Waduk Sermo. Suaka Margasatwa Sermo merupakan rumah bagi berbagai jenis satwa liar yang menghuni hutan di sekeliling Waduk Sermo.

smsermo

Di sini, pengunjung dapat menikmati tingkah polah berbagai jenis satwa liar terutama burung seperti Bondol Jawa, Tekukur, Cucak Kutilang, Punai Gading, Kepodang Hitam dan lain-lain.

smsermo1

Sekitar 36 km dari Yogyakarta, Suaka Margasatwa Sermo, secara administrati berada di 3 desa yakni Desa Hargowilis dan Hargorejo yang berada dikecamatan Kokap dan Desa Karangsari yang termasuk dalam wilayah kecamatan Pengasih, Kulon Progo Yogyakarta. Suaka Margasatwa ini mempunyai luas sebesar 181 ha, dan terletak pada ketinggian yang beragam yakni 70 meter diatas permukanaan laut hingga 100 meter dari permukaan laut.

Suaka Margasatwa ini juga sbagai penopang utama sumber air waduk sermo.

Pada awal ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa, hutan ini mempunyai fungsi sebagai hutan produksi yang dikelola oleh Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan kemudian difungsikan sebagai hutan lindung hingga saat ini.

Ekosistem kawasan hutan ini merupakan ekosistem pegunungan rendah dengan hutan tanaman atau hutan yang merupakan hasil penanaman oleh pemerintah.

smsermo2

Udara lembab dan angin khas pegunungan akan menyambut Anda ketika memasuki kawasan ini. Berbagai macam pohon terdapat dikawasan ini antara lain pinus, jati, akasia, kayu putih dan masih banyak lagi yang terbagi dalam petak-petak sesuai dengan jenisnya masing-masing. Ini dibuat agar pelajar atau mahasiswa serta peneliti dapat mudah dalam melakukan penelitian.

Menjadi keasyikan sendiri mengunjungi kawasan Suaka margasatwa yang  masih dalam satu area dengan Waduk Sermo ini, karena setelah berjalan dalam hutan dan menikmati flora dan fauna, anda dapat melepas lelah di tepian Waduk Sermo. Atau sebaliknya, jika anda camping di Waduk Sermo, keesokan paginya bisa menyempatkan melihat kawasan ini.

smsermo3

Di beberapa tempat di kawasan ini sudah ada warung-warung.  Untuk menikmati kawasan Suaka Margasatwa Sermo ini anda tidak dipungut biaya kecuali anda memasuki Waduk Sermo.

 

Sumber: yogyakarta.panduanwisata.id
Foto: berbagai sumber

Joomla SEF URLs by Artio