Pengunjung Website

We have 8 guests and no members online

Mungkin tempat wisata ini belum setenar yang lainnya, terbukti dengan belum banyaknya wisatawan yang berkunjung kemari. Tetapi, ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi anda yang ingin menyepi sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Berbeda dengan kebanyakan wisata di Gunungkidul lainnya, karakteristik Laut Bekah ini didominasi perbukitan dan tebing dengan kecuraman 180 derajat. Hal ini tidak memungkinkan anda bermain air di pinggirannya. Namun, terdapat hal unik lain yang ditawarkan di sini. Apabila berkunjung ke tebing ini dan sedang beruntung, anda bisa menjumpai hewan-hewan laut yang jarang ditemui pada pantai lain di kawasan DIY ini.

lautbekah

Jika anda datang pada waktu yang tepat, segerombolan paus atau hiu seringkali melintas di laut ini. Menarik bukan? Tak hanya itu, bagi anda yang ingin melihat lumba-lumba pun akan berkesempatan menjumpainya.

Sekawanan lumba-lumba diceritakan warga sekitar sering berada di kawasan Laut Bekah ini. Waktu yang paling tepat untuk menantikan kehadiran hewan-hewan laut tersebut adalah pagi atau sore hari. Diantara jenis hewan laut tersebut, kura-kura lah yang lebih sering terlihat di sekitaran tebing karang laut untuk mencari makan.

Lokasi yang tersembunyi serta akses yang belum memadai, mungkin bisa menjadi alasan wisata Tebing Laut Bekah masih sepi pengunjung padahal pesonanya luar biasa indah. Jika anda ingin merasakan indahnya spot ini, lokasi Laut Bekah berada tidak jauh dari jalur jalan Lintas Selatan di Kecamatan Purwosari. Akan tetapi, memang rute menuju kemari cukup menantang dengan jalanan cor blok dan beberapa diantaranya masih berupa susunan bebatuan.

Selain unik karena seringnya disambangi oleh hewan-hewan laut besar, ternyata Laut Bekah disebut-sebut sebagai spot memancing yang menarik. Biasanya, para wisatawan yang datang merupakan para pemancing ikan laut. Pada akhir pekan, jumlah pemancing yang datang bisa mencapai 50 orang.

lautbekah2

Meskipun berkarakter perbukitan, lokasi ini terbilang cukup datar sehingga memungkinkan para pemancing untuk menyalurkan hobinya tersebut dengan aman. Bahkan, warga setempat membangun beberapa gubuk serta pagar pembatas dengan tinggi selutut untuk kenyamanan wisatawan.

Nah, jika anda berniat mengunjungi Tebing Laut Bekah bawalah perbekalan yang cukup seperti makanan dan minuman, sebab di sekitaran lokasi masih minim fasilitas ataupun pedagang, juga cukup jauh dari pemukiman warga.

Hal lain yang tidak boleh sampai terlewatkan adalah panorama matahari terbit dan tenggelam yang memukau berbalut indahnya laut lepas. Pas sekali jika dinikmati bersama partner wisata anda.

Dari kota Yogyakarta Tebing Laut Bekah ini berjarak 45km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 30 menit. Rute untuk menuju  Laut Bekah adalah dari Kota Yogyakarta silahkan menuju ke arah Terminal Giwangan lalu ke  Jl. Imogiri timur. Sesampainya di Tanjakan Siluk  lanjutkan ke  Jl. Panggang kemudian ke  Jl. Parangtritis (arah menuju Pantai Parang Tritis ). Sesampainya anda di SMPN Giripurwo lurus saja terus ikuti jalan maka anda akan segera sampai di Laut Bekah.

 

Sumber: kesiniaja.com
Foto: kesiniaja.com, hiddenjogja.wordpress.com

Joomla SEF URLs by Artio