Pengunjung Website

We have 14 guests and no members online

Menjelajahi tempat wisata di bagian utara Jogja memang banyak menawarkan wisata alam. Bukan hanya kawasan Kaliurang saja lho, tapi kita bisa sedikit bergeser ke sebelah timur menuju kawasan Cangkringan, tepatnya di Plunyon, Kalikuning.

Masih di kawasan lereng Merapi, Plunyon, Kalikuning merupakan daearah wisata yang berupa perbukitan dan aliran sungai yang curam ditumbuhi banyak pohon pinus. Obyek wisata ini masuk ke wilayah Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

plunyon

Plunyon adalah salah satu tempat yang terdampak besar ketika terjadi erupsi Merapi pada tahun 2006 dan 2010. Plunyon pada waktu itu terkena sapuan awan panas dan merusak semua ekosistem termasuk sungai dan pepohonannya. Namun sekarang ini, Plunyon kembali hijau dan menjadi salah satu destinasi wisata alam.

Menawarkan panorama yang indah dan udara yang sejuk. Di Plunyon juga terdapat sungai yang cukup aman untuk bermain air. Selain itu ada jembatan yang “instagramable” banget.

jembatanplunyon

Untuk masuk ke kawasan Plunyon, hanya dikenai biaya parkir saja. Selebihnya kita bisa free menikmati keindahan alam dan kesejukan suasananya.

Selamat berpetualang. Utamakan selamat, dan jangan buang sampah sembarangan ya.

 

Sumber: gulangguling.com
Foto: berbagai sumber

Joomla SEF URLs by Artio