Pengunjung Website

We have 11 guests and no members online

Tidak diragukan lagi bahwa Pantai Sundak berhasil memikat banyak wisatawan untuk menginjak pasir putih dan laut jernihnya. Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini dapat di jangkau sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi.

Kata Sundak sendiri berasal dari sebuah kisah tentang seekor anjing yang berkelahi dengan landak, sehingga masyarakat menggabungkan nama keduanya (anjing = asu + landak) menjadi Sundak.

Terlepas dari sejarah yang dimilikinya, Pantai Sundak juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Kolaborasi antara pasir putih yang landai dan air laut yang jernih membuat daya tarik pantai ini. 

pantaisundak1

Berjalan menyusuri pantai menjadi kegiatan wajib di sini. Anda akan disuguhkan oleh bukit-bukit kapur yang eksotis. Saking bagusnya, tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi pemotretan. Nah, di antara beberapa bukit kapur tersebut, salah satunya memiliki goa. Di dalam lubang besar, terdapat sumur mata air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

Puas dengan batu kapur, berjalanlah sedikit ke arah laut. Jika air sedang bagus, Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan alam bawah laut Pantai Sundak. Banyak ikan-ikan kecil yang bersembunyi di antara batu karang.

pantaisundak3

Pemandangan berbeda bisa ditemukan jika Anda berani untuk mendaki bukit kapur setinggi 12 meter. Di pucak bukit tersebut tersaji pemandangan pantai yang benar-benar mempesona. Garis pantai yang melengkung rapi menjadi bidikan apik para pecinta fotografi.

pantaisundak4

Pantai Sundak memang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, namun ombak di sini tidak seperti yang dimiliki di pantai selatan lainnya. Besar, tapi sangat mudah untuk ditaklukan. Banyak wisatawan yang ingin belajar surfing datang ke pantai ini.  Jika ingin mencoba berselancar, Anda harus hati-hati. Batu-batu karang bisa saja mengancam keselamatan Anda.

Uniknya lagi, pantai ini dilengkapi dengan pepohonan yang teduh. Saat sore hari, biasanya wisatawan ramai duduk di bawah pohon untuk menanti sunset yang cantik. Walaupun pantai tidak menghadap ke arah barat, tapi pemandangan langit kuning keemasan di sore hari tetap terlihat cantik di tempat ini.

pantaisundak5

Harga tiket masuk ke Pantai Sundak adalah Rp. 5000,-/orang. Sarana pra sarana di sana sudah lumayan lengkap, seperti tersedianya area parkir kendaraan (motor dan mobil) sehingga para pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa parkir di dekat pantai. Di sana juga ada mushola, kamar mandi/wc, serta gazebo untuk para pengunjung yang ingin tiduran sejenak atau hanya duduk santai sambil beristirahat, harga sewanya sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-. Jika pengunjung merasa lapar, jangan khawatir karena di Pantai Sundak ini juga ada warung makan yang menyediakan berbagai jenis makanan olahan laut yang enak. Bagi Anda ingin membeli oleh-oleh pun, di sana ada toko-toko penjual cinderamata.

Yuk hilangkan penat dengan jalan-jalan ke Pantai Sundak.

 

Sumber: pantainesia.com, travel.detik.com
Foto: berbagai sumber

Joomla SEF URLs by Artio