Pengunjung Website

We have 16 guests and no members online

Selama ini kawasan Gunungkidul identik dengan citra gersang dan panas. Namun siapa sangka jika salah satu Kabupaten di Jogja tersebut ternyata punya kawasan ‘Negeri di Atas Awan’ yang sungguh menawan. Namanya pun cukup unik, Gunung Gentong atau biasa disebut dengan istilah kawasan Puncak 4G.

puncak4g

Gunung Gentong atau populer dengan nama Puncak 4G terletak di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Sebutan 4G sendiri mengacu pada lokasi kawasan wisata menarik ini (Gunung Gentong, Gedangsari, Gunungkidul).

Jalan menuju Gunung Gentong sudah cukup bagus dan bisa dilalui relatif mudah menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Tepat di kaki gunung tersedia lahan parkir memadai, plus sejumlah gazebo untuk beristirahat.

Jika anda ingin berburu sunrise (matahari terbit), datanglah pukul 04.30-05.00 pagi. Cuma butuh waktu sekitar 10 hingga 15 menit untuk mencapai puncak Gunung Gentong. Begitu sampai di atas, pemandangan yang tersaji sungguh spektakuler. Sinar mentari fajar berpadu apik dengan pemandangan alam Gunungkidul yang diselimuti arak-arakan awan tipis. Atmosfernya terasa romantis dan menggetarkan.

puncak4g1

Puncak 4G ini juga bisa dijadikan tempat kemping karena kontur tanah di kawasan Puncak 4G cukup datar. Dengan kemping di sini anda dapat merasakan pengalaman tidur di tenda dan dibangunkan sinar manja matahari terbit di kawasan puncak gunung.

puncak4g2

Tak hanya memanjakan pengunjung dengan pemandangan alam menawan, pengelola Puncak 4G juga mengikuti tren wisata kekinian dengan menghadirkan sejumlah spot selfie menarik.

Salah satu ikon spot selfie Gunung Gentong dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai jalanan panjang. Namun selain itu masih ada titik swafoto menarik lain. Ada yang berbentuk kapal, jembatan layang, gardu pandang, dan masih banyak lagi.

puncak4g3

Selain tempat parkir, gazebo, dan lahan perkemahan, pengelola kawasan wisata Puncak 4G juga menyediakan tambahan fasilitas dua rumah homestay bagi yang ingin menginap. Selain itu terdapat pula aula pertemuan bagi mereka yang ingin mengadakan acara makrab atau pelatihan.

Kawasan ini biasanya cukup ramai, terutama di akhir pekan. Namun asyiknya, pengunjung tak perlu membayar tiket apapun kecuali untuk biaya parkir. Bagi yang penasaran dengan sensasi menembus awan di Gunungkidul, kawasan Puncak 4G bisa dijadikan alternatif tempat liburan di waktu senggang. 

 

Sumber: travelingyuk.com
Foto: berbagai sumber

Joomla SEF URLs by Artio