Pengunjung Website

We have 20 guests and no members online

Jogja memang selalu asyik. Wisatanya pun semakin berkembang. Setelah wisata Tebing Breksi yang masih nge-hits itu, The Lost World Castle digadang-gadang menjadi destinasi favorit wisata jogja terbaru.

Tempat wisata ini seringkali disangka sebagai waterboom padahal bukan. The Lost World Castle sebenarnya termasuk obyek wisata edukasi yang menjanjikan banyak informasi dan pengetahuan bagi pengunjung nantinya.

lost castle1

Tidak mengherankan kalau tempat wisata ini cepat menjadi terkenal dan viral di media sosial. Bentuk bangunan atau arsitekturnya memang unik. Dari luar, bentuknya memang seperti kastil, sesuai dengan namanya. Banyak yang bilang The Lost World Castle mirip sekali dengan Benteng Takeshi yang ada di acara reality show terkenal dari Jepang itu. Beberapa orang juga menyebut bangunan ini mirip dengan The Great Wall atau tembok besar dari Cina. Bangunan The Lost World Castle memang memiliki tembok berwarna kelabu yang tinggi dengan pos-pos penjagaan setiap beberapa meternya. Mirip seperti benteng sebelum memasuki wilayah kerajaan atau kompleks istana. Ide bentuk bangunan ini harus diakui cerdas secara komersial karena sukses menarik perhatian pengunjung bahkan sebelum tempat ini resmi dibuka.

The Lost World Castle dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektar di desa Kepuharjo. Daerah ini pernah hangus dilalap erupsi Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu. Seolah-olah ingin mengingatkan akan dahsyatnya bencana tersebut, tempat ini disebut sebagai The Lost World atau dunia yang sudah hilang.

Seperti sudah disebutkan tadi, The Lost World Castle ditujukan untuk memberikan wisata edukasi kepada pengunjung. Saat ini, proses pembangunan belum sepenuhnya selesai. Walaupun sudah berlangsung selama satu tahun, pihak pengelola mengklarifikasi bahwa masih banyak bagian yang belum dibangun dan prosesnya masih sangat panjang. Yang bisa dinikmati saat ini baru bangunan yang menyerupai benteng tadi lengkap dengan pelatarannya yang sangat luas. FYI Bangunan benteng di The Lost World Castle bisa dinaiki dan dijadikan tempat foto yang keren.

Tempat ini juga memiliki obyek yang mirip dengan Stonehenge di Inggris, lengkap dengan tiruan bebatuan zaman megalitikum yang diatur melingkar. Pengunjung ternyata bisa mengambil foto di tempat ini dari sudut tidak biasa yaitu dari atas. Salah satu foto viral di lokasi ini menunjukkan beberapa pengunjung yang sengaja tidur telentang dengan posisi melingkar menyesuaikan penataan bebatuan tadi. Sangat instagrammable! Sayangnya, belum ada yang lainnya. Rencananya, masih ada banyak obyek lain yang akan dibangun lengkap dengan artefak erupsi Gunung Merapi yang akan menjadi bagian dalam paket wisata merapi yang ditawarkan.

lost castle2

Ternyata, The Lost World Castle sudah soft opening sejak tanggal 19 Januari lalu. Tadinya, tempat ini terbuka begitu saja untuk umum. Pengunjung belum diminta untuk membayar tiket masuk pada saat itu. Setelah soft opening, pengunjung sudah mulai membayar tiket masuk walaupun masih dengan harga diskon. Menurut keterangan yang tertera pada tiket, harga tiket masuk sebenarnya adalah Rp 60.000,00 per orang. Namun selama masa soft opening, pengunjung mendapat diskon hingga 75% sehingga hanya perlu membayar Rp 15.000,00 per orang. Dibandingkan dengan sebagian besar tempat wisata di Yogyakarta lainnya, harga tiket ini termasuk mahal. Semoga saja fasilitasnya sama menariknya nanti.

Selain biaya tiket, pengunjung The Lost World Castle juga perlu membayar retribusi sebesar Rp 6.000,00 dan parkir Rp 2.000,00. Kalau-kalau kemalaman dan harus menginap, pengunjung bisa mencari penginapan terdekat dengan tarif sekitar Rp 50.000,00 per malam. Karena belum selesai dibangun, belum ada restoran atau kafe kecil di lokasi wisata.

Sempat disingggung di atas, tempat wisata ini berada di kawasan wisata sleman Desa Kepuharjo yang sempat habis dilalap erupsi Gunung Merapi beberapa tahun lalu, tepatnya di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat kota dan berada tepat di lereng Gunung Merapi. Tetapi sebenarnya, tempatnya tidak jauh dari lokasi wisata Kaliadem yang tidak kalah populernya dan Merapi Golf. Yang mengejutkan lagi, The Lost World Castle ternyata sudah terdeteksi di Google Map, jadi tidak susah menemukan rute ke sana.

lost castle3

Walaupun jauh, rute menuju The Lost World Castle sederhana saja. Dari mana saja di Yogyakarta, kita cukup menuju Jalan Kaliurang dan terus berjalan ke arah Utara, atau ke arah Gunung Merapi kalau tidak tahu arah mata angin. Dari Jalan Kaliurang, kita tinggal mengikuti petunjuk untuk menuju Kaliadem. Setelah itu, kita melanjutkan perjalanan melalui Jalan Bebeng sampai ke kopi merapi. Setelah melewati Kopi Merapi, perjalanan dilanjutkan ke arah Timur. Tidak lama, bangunan berbentuk benteng ini akan terlihat dari kejauhan. Pengunjung bisa naik kendaraan umum seperti bis dan angkot, tetapi akan lebih leluasa membawa kendaraan pribadi seperti motor yang lebih lincah dan cepat.

 

Sumber: tabloidwisata.com
Foto: hipwee.com

Joomla SEF URLs by Artio