Pengunjung Website

We have 23 guests and no members online

Puncak-puncak di Perbukitan Menoreh Kulon Progo, memang menyajikan panorama alam yang memukau. Selain Kali Biru, lokasi Tebing Gunung Gajah juga menjadi spot menarik untuk menikmati relief alam Kulon Progo.

Sebuah bukit yang berbentuk layaknya kepala gajah dengan view Waduk Sermo yang dipagari dengan deretan perbukitan, tentu menjadi spot menarik untuk ber-swafoto. Dari atas bukit tersebut, pemandangan Kota Wates, bukit-bukit di Gunung Kidul dan Kota Jogja terlihat cukup jelas. Bahkan ketika cuaca sedang cerah, garis cakrawala yang menjadi batas antara Samudra Hindia dan birunya langit juga nampak di ujung selatan. Wajar saja, karena ketinggian Tebing Gunung Gajah ini sekitar 810 meter diatas permukaan air laut.

Ada berbagai macam spot foto di Tebing Gunung Gajah Kulon Progo. Spot foto berupa bulan sabit adalah yang paling banyak diminati para wisatawan karena spot bulan sabit ini terlihat seolah digantungkan dari langit. Kemudian ada juga spot berupa gembok dengan tulisan " I Love U"dan  gardu pandang diatas pohon.

TebingGunungGajah1

Menariknya Tebing Gunung Gajah tak hanya menawarkan spot foto yang unik. Disini juga tersedia beberapa wahana permainan yang memacu adrenalin. Seperti treetop yakni sebuah lintasan yang menghubungkan antara pohon satu dengan yang lainya. Jadi pengunjung bisa berjalan diatas lintasan yang terbuat dari papan kayu dan tali temali tersebut. Selain itu ada juga wahana flying fox. Kemudian ada juga wahana susur gua yang didalamnya terdapat kubah besar dan "cahaya surga".

Alamat Tebing Gunung Gajah ini berada di Dusun Degaring II, Kelurahan Hargotirto,  Kulon Progo. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo. Luas lokasi wisata mencapai 2 hektar, dan sampai saat ini masih dalam tahap pengembangan. Kedepanya juga akan dilengkapi dengan beberapa spot foto lainya seperti bunga raksasa, dewi putih dan sayap malaikat.

TebingGunungGajah2

Dari Kota Jogja berjalanlan ke arah barat melewati Jalan Godean. Dari perempatan Demak Ijo, lurus saja melewati Pasar Godean dan jembatan Sungai Progo. Kemudian teruskan perjalanan melewati Pasar Kenteng, Nanggulan, Pasar Jonggrangan hingga sampai di pertigaan Segathol. Ambilah arah ke kiri hingga sampai di pertigaan Gardu Pandang Tamanan. Beloklah ke kanan dan tak lama kemudian akan sampai di lokasi Tebing Gunung Gajah Kulon Progo.

Tiket masuk ke Tebing Gunung Gajah hanya Rp 5 ribu saja dan biayar parkir Rp 2 ribu. Sementara untuk berfoto di spot spot yang tersedia dikenakan biaya Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu. Sedangkan harga tiket treetop adalah Rp 50 ribu, Flying fox Rp 15 ribu dan susur gua Rp 25 ribu. 

 

Sumber: piknikyok.com

Joomla SEF URLs by Artio