Pengunjung Website

We have 6 guests and no members online

Bagi anda yang berencana travelling ke Jogja di bulan Ramadhan ini, enaknya menunggu buka puasa sambil ngabuburit.

Berikut adalah daftar tempat menarik untuk ngabuburit di Jogja yang dapat anda kunjungi bersama kerabat atau teman-teman.

1. Kampung Ramadhan Jogokaryan

Jangan kaget kalau anda melihat keramaian di kampung muslim ini menjelang ashar. Akan ada 200-an pedagang aktif menjual berbagai jenis takjil hingga pakaian muslim dan kebutuhan sholat. Sebut saja aneka jajanan pasar, mulai dari risol dan tahu bakso hingga jenis makanan lain yang hanya ada di bulan puasa saja, seperti kolak, aneka bubur manis, es tebu, dan setup buah-buahan.

Selain itu, banyak juga makanan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti roti cane khas Aceh dan bika ambon khas Medan. Pasti kangen anda untuk buka puasa di kampung halaman sedikit terobati, ya!

NG1

Kampung Ramadhan ini terletak di Mantrijeron, Yogyakarta, tepatnya di samping SPBU Jalan Parangtritis km 2. Dari jalan raya, kalau anda melihat keramaian, sudah bisa dipastikan anda sedang melihat Kampung Ramadhan Jogokaryan dengan maskot Begodo Jogokaryo andalannya. Habis buka puasa, jangan lupa sholat di Masjid Jogokaryan, dijamin banyak jamaahnya yang bikin anda makin semangat beribadah.

2. Kampung Ramadhan Masjid Gede Kauman

Kampung Ramadhan ini sudah lama ada di Jogja, tepatnya sejak tahun 1973. Letaknya sangat dekat dengan pusat kota. Kalau anda datang dari arah 0 kilometer Jogja, anda hanya perlu berjalan kaki 10 menit saja ke arah barat hingga melewati Kantor Pos Pusat. Di Jl. K.H. Ahmad Dahlan ini, anda akan melihat gang ke arah selatan di seberang RS PKU Muhammadiyah yang meski kecil, namun padat dengan aneka takjil yang dijajakan selama Ramadhan.

NG2

Terdapat masjid tertua yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I di sini, yang dikenal sebagai Masjid Gede Kauman. Masjid ini merupakan “kado” khusus sang raja untuk kaum dhuafa. Di wilayah ini pula, peradaban Islam dikembangkan hingga saat ini. Wajar kalau suasana keislaman terasa kental setiap bulan puasa tiba. Setiap harinya, takmir masjid bisa membagikan takjil gratis hingga 600-700 porsi, lho. Yang lebih seru lagi, setiap hari Kamis, takmir masjid akan membagikan menu berupa gulai kambing. Wah, jadi makin semangat berpuasa, ya!

Kalau anda sudah cukup berburu jajanan buka puasa, anda bisa menunggu adzan maghrib sambil berjalan-jalan ke kawasan Malioboro atau alun-alun, sekaligus menunggu saat-saat matahari terbenam.

3. Pasar Sore Lembah UGM

Tidak kalah ramainya, kawasan Universitas Gadjah Mada (UGM) juga selalu menarik minat masyarakat untuk berburu takjil. Tahun-tahun sebelumnya, di barat lembah UGM terdapat ratusan pedagang menjajakan takjil di sepanjang jalan. Namun, setelah relokasi pedagang diberlakukan sejak beberapa bulan lalu, agaknya pasar kaget di kawasan ini berpindah di sepanjang timur Masjid Kampus UGM dan di utara kawasan lembah, tepatnya di sepanjang Jalan Selokan menuju Fakultas Kedokteran Hewan.

NG3

Meski tempat ngabuburit digeser sedikit, tidak usah khawatir anda sulit mencari takjil. Dengan berburu niat belanja takjil secukupnya saja, anda bisa segera menuju kawasan ini sejak ashar. Akan ada banyak sekali pilihan menu takjil yang dijamin membuat anda tidak usah pusing-pusing mencari menu spesial untuk berbuka puasa anda.

4.Pasar Sore Ramadhan Jalur Gaza

Jangan merinding baca judulnya. Nama “jalur gaza” adalah singkatan dari “jajanan lauk-sayur gubuk ashar zerba ada.” Bukannya ngeri tapi terdengar lucu, ya. Pasar sore ini letaknya dekat dengan Masjid Mutohirin di sepanjang Jalan Nitikan, Yogyakarta. Di sini, terdapat banyak sekali gubug yang berisi pilihan menu buka puasa yang sudah pasti bikin buka puasa anda jadi menyenangkan.

NG4

Sambil menunggu waktu buka puasa, anda bisa menikmati live music yang disuguhkan di dekat masjid, dilanjutkan dengan pengajian menjelang adzan maghrib. Kalau anda ingin makin kencang bersedekah, sering pula diadakan penyantunan anak yatim di sini.

5. Pasar kaget UII Jalan Kaliurang

Di daerah Jogja utara pun tak kalah meriah. Pasar kaget ini terletak di sekitar Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII), tepatnya di daerah Jalan Kaliurang km. 12. Kawasan sekitar kampus UII memang banyak dipadati oleh rumah-rumah makan, namun ketika bulan puasa tiba, maka muncul pasar kaget yang ramai setiap ashar menjelang.

NG5

Selain terdapat banyak sekali menu takjil, anda bisa menunggu waktu maghrib tiba dengan mengikuti kajian di Masjid Kampus Ulil Albab. Masjidnya yang luas dan bersih tentu membuat anda betah lama-lama beribadah, apalagi banyak sekali kajian yang dilakukan di sana.

6. Pasar Sore Ramadhan Sleman

Di pasar yang terletak tepat di sebelah timur Masjid Besar Sleman ternyata tidak hanya ramai pada pagi-siang hari saja. Ketika sore, pasar ini menjadi ramai kembali menjual aneka cemilan hingga makanan berat yang bisa anda beli untuk menemani buka puasa anda.

NG6

Tidak usah bingung mencari lokasi ini. Pasar sore ini terletak tepat di tepi Jalan Magelang km. 12, tepat di sebelah timur kantor Polres Sleman.

7. Alun-alun Denggung, Sleman

Tidak jauh dari pasar sore Sleman, Alun-alun Sleman juga turut meramaikan daftar tempat ngabuburit di Jogja dengan beberapa pedagang makanna kecilnya. Lebih tepatnya, pasar ini terletak di perempatan Denggung. Kalau anda datang dari arah Kota Jogja, letak alun-alun ini ada di kiri jalan, tepat setelah lampu merah pertama yang anda temui setelah anda turun melewati jembatan layang.

NG7

Sama seperti pasar-pasar dadakan lainnya, pasar ini hanya ada sepanjang bulan puasa saja. Menunya tentu lengkap dengan harga yang bisa dibilang murah meriah. Meski biasanya kawasan ini ramai oleh masyarakat yang berolahraga, namun rupanya bulan puasa tidak membuat kawasan ini sepi karena justru terdapat banyak pedagang membuka lapak menjajakan makanan dan minuman takjil.

8. Bukit Bintang

Tempat ngabuburit di Jogja satu ini sudah lama hits ini juga tak kalah menarik perhatian anak muda untuk lokasi menunggu buka puasa. Momen buka puasa yang ditandai dengan adzan maghrib berkumandang seiring dengan tenggelamnya matahari di ufuk barat, tentu menjadi sangat syahdu mengakhiri puasa sepanjang hari. Pasti saat-saat sunset itulah yang ditunggu-tunggu.

NG8

Meski tidak banyak panganan khas Ramadhan dijajakan di sini, namun masih tersedia beberapa minuman hangat, seperti teh, jeruk, dan kopi, yang siap menemani buka puasa anda. Akan sangat menyenangkan jika anda berbuka puasa sambil menikmati pemandangan kelap-kelip Kota Jogja dari atas bukit, bukan? Nah, kalau anda ingin sholat, segera turun ke daerah Piyungan, ya. Di sana, terdapat beberapa masjid yang bisa anda kunjungi.

9. Alun-alun Kidul

Tidak heran lagi kalau daerah ini sering pengunjung pada hari-hari biasa sebagai tempat nongkrong. Di bulan puasa pun banyak orang menghabiskan sore mereka di tempat ini sambil menunggu waktunya berbuka puasa.

NG9

Di sepanjang jalan yang mengelilingi alun-alun, anda dapat melihat deretan penjual yang menjajakan aneka makanan-minuman khas Jogja. Sebut saja gerobak angkringan hingga gerobak wedang ronde dan wedang uwuh. Kalau puasa anda dibuka dengan minuman hangat dan makanan berat seperti itu pasti anda jadi lebih berenergi untuk segera lanjut ibadah, ya. Karena tempat ngabuburit di Jogja satu ini dekat dengan Masjid Gede Kauman, anda bisa singgah dulu ke sana untuk segera melaksanakan sholat.

10. Malioboro

Sore-sore memang paling mantap untuk jalan-jalan sehat di Malioboro. Bagi anda yang doyan foto, anda bisa asyik melakukannya di salah stau tempat ngabuburit di Jogja ini.

NG10

Kalau anda sudah puas jalan-jalan, coba pesan menu kaki lima di tepi jalan sebagai teman buka puasa anda. Kawasan ini dipenuhi dengan para penjaja makanan-minuman kaki lima di timur jalan, tepatnya di Malioboro sisi utara. Dijamin, selain anda merasa senang setelah berjalan-jalan dan berfoto ria, mood anda pun juga akan ikut meningkat setelah berbuka puasa.

Sekarang, sudah punya daftar tempat ngabuburit di Jogja yang akan anda kunjungi selama bulan Ramadhan kan? Bagi anda yang sedang liburan di Jogja, jangan sampai melewatkan euforia bulan suci di kota ini juga ya! Selain bisa menemukan kuliner-kuliner menarik dan menambah pahala dengan beribadah, anda juga akan punya bekal cerita liburan yang menarik untuk dibawa pulang. Selamat menikmati!

 

Sumber: bonvoyagejogja.com

Joomla SEF URLs by Artio