Pengunjung Website

We have 12 guests and no members online

Cuaca yang cerah dengan latar langit biru dan mentari bersinar adalah hal yang diharapkan saat traveling. Tentu saja ini demi alasan kenyamanan dan juga untuk menghasilkan foto-foto yang indah. Namun taukah Anda? Ternyata di Yogyakarta ada tempat-tempat yang menarik dikunjungi justru saat musim penghujan tiba. Hal ini dikarenakan akan muncul pemandangan alam yang berbeda kala musim hujan datang. Penasaran kan? Berikut daftar tempat menarik tersebut.

1. Pantai Jogan

1pantaijogan

Pantai yang berlokasi tidak jauh dari Pantai Siung ini merupakan pantai yang istimewa. Jogan merupakan satu-satunya pantai di Gunungkidul dengan air terjun yang jatuh langsung ke bibir laut, hal ini mengingatkan wisatawan kepada McWay Beach Waterfall di California. Air terjun ini berasal dari dua sungai kecil yang mengalir di permukaan. Suangai ini lantas menyatu di pinggiran tebing dan meluncur menuju laut sehingga tercipta air terjun yang elok. Saat musim kemarau debit air sungai ini sangat kecil sehingga air terjunnya pun surut, karena itu Pantai Jogan lebih indah dikunjungi saat musim penghujan.

Wisatawan yang berkunjung ke Jogan dapat menikmati keelokan air terjun ini dari tepi sungai di atas tebing atau berjalan menuruni anak tangga kayu dan tiba di dasar air terjun yang berbatasan dengan laut lepas. Gemuruh air terjun dan ombak yang bergulung-gulung akan menjadi simfoni yang indah dan memanjakan indra pendengaran Anda.

2. Luweng Sampang

2.luwengsampang

Luweng Sampang memang bukanlah lokasi yang populer di kalangan wisatawan, tempat ini baru dikenal oleh wisatawan lokal. Terletak di perbatasan Yogyakarta dan Klaten, Luweng Sampang memiliki pemandangan yang indah saat musim penghujan tiba. Dalam bahasa Jawa luweng berarti lubang, sedangkan Sampang adalah nama desa tempat fenomena alam ini berada. Luweng Sampang terdiri dari susunan batuan yang indah dan telah tergerus air sehingga memiliki garis-garis di bebatuannya. Sepintas lihat Luweng Sampang menyerupai grand canyon namun dalam versi mini.

Saat musim kemarau Luweng Sampang terlihat biasa. Namun saat musim penghujan Luweng Sampang akan menampilkan pesona sesungguhnya. Gemericik air akan mengalir di antara bebatuan Luweng Sampang dan di beberapa titik membentuk air terjun setinggi 5 meter yang indah. Bagi para pecinta fotografi, Luweng Sampang merupakan obyek bidikan yang menarik.

3. Pantai Parangtritis

3.parangtritis

Sebagai pantai yang sudah menjadi salah satu ikon wisata Yogyakarta, sebenarnya Pantai Parangtritis bisa dikunjungi kapan pun. Namun tak banyak orang yang tahu bahwa pantai ini memiliki keindahan lain yang muncul saat musim penghujan tiba. Jika wisatawan mau berjalan menyurusi pesisir pantai ke arah timur, maka wisatawan akan menemukan air terjun indah yang mengalir di sela bebatuan karang. Aliran air ini kemudian bergerak melewati pasir membentuk sungai mini dan meluncur ke laut. Untuk menyaksikan air terjun di Parangtritis ini tentunya wisatawan harus datang kala musim penghujan, sebab saat musim kemarau debit air terjun menjadi kecil bahkan terkadang surut.

 

Sumber: njogja.co.id

Joomla SEF URLs by Artio