Pengunjung Website

We have 21 guests and no members online

Pantai Pulau Kalong kini ramai dicari para traveler. Pasalnya Pantai yang memiliki nama lain Pantai Sinden ini mirip dengan Pantai timang dengan Jembatan gantung dan Gondola.

Bedanya, jarak antara Pantai dan karangnya lebih pendek dibandingkan Pantai timang yang mencapai hampir 200 meter. Selain itu harga tiket naik jembatan gantung pantai Pulau Kalong juga lebih murah.

pantaipulaukalong1

Pantai pulau Kalong sendiri memiliki ciri khas mirip dengan Pantai Timang. Selain punya kereta gantung dan jembatan gantung, pantai ini juga menjadi tempat para nelayan untuk memancing ikan. Bentuk pulau karangnya juga mirip. Tak heran jika sekali muncul di sosial media, lokasi Pantai pulau Kalong langsung diserbu wisatawan lokal.

Kebanyakan para traveler ingin mencoba melewati jembatan gantung yang cukup ekstrim, sebab jembatan tersebut menghubungkan daratan dengan pulau karang yang ada di tengah lautan. Panjangnya memang hanya sekitar 100 meter, namun berada di atas ketinggian dengan pemandangan bawah berupa deburan ombak tentu membuat nyali yang akan melewatinya ciut. Meski demikian tak sedikit yang memberanikan diri guna mendapat foto selfie yang apik.

Wisata baru di Gunungkidul ini dinamakan Pantai pulau Kalong karena di pulau karang tersebut konon banyak terdapat kelelawarnya (Kalong). Selain itu disebut juga sebagai Pulau Gelatik karena dahulu banyak burung gelatiknya. Tempat ini juga menjadi favorit para pemancing Rock fishing karena ikannya besar besar dan banyak spot bagusnya.

pantaipulaukalong2

Pantai Pulau Kalong Gunungkidul secara administratif terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gungkidul. Jarak tempuh dari Kota Jogja menuju Pantai Pulau Kalong sekitar 3 jam. 

Untuk menuju ke Pantai Pulau Kalong kita bisa mengambil rute dari Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Bintang – Kota Wonosari – Pasar Hargosari. Dan sebelum melewati polres Gunungkidul ada pertigaan ambil arah kanan menuju Pantai Baron – sebelum masuk ke Pantai Baron ambil kiri (plang penunjuk) ke arah Wediombo. Lurus terus hingga sampai di pertigaan Siung ambil yang lurus arah ke Pantai Wediombo dan Jungwok. Sebelum masuk ke TPR Pantai Wediombo ada pertigaan ambil lurus ke arah Pantai Jungwok. Sepeda motor dititipkan di pantai Jungwok, selanjutnya silakan tanya warga setempat arah ke Pantai Pulau Kalong maka akan ditunjukkan. dari sini kita harus melewati medan yang cukup ekstrim karena naik turun gunung melalui jalan setapak. Koordinat GPS Pantai Pulau kalong adalah -8.199323,110.718927.

Untuk masuk ke Pantai Pulau Kalong pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp. 6.000 termasuk Pantai Sinden, Pantai Jungwok. Sedangakn untuk harga tiket naik Jembatan gantung Rp. 25.000.

 

Sumber: wisatabaru.com

Joomla SEF URLs by Artio