Pengunjung Website

We have 4 guests and no members online

Pasar Malam Perayaan Sekaten memang menjadi agenda tahunan Kota Yogyakarta yang biasanya digelar menyambut tahun baru Hijriyah.

Asal muasal Sekaten yaitu berasal dari bahasa Arab yaitu Syahadatain atau dua kalimat syahadat. Sekaten merupakan sejarah penyebaran Islam oleh Sunan Kalijaga di tanah Jawa.

sekaten1

Sekaten tahun ini digelar pada 10-30 November 2017 di Alun-alun Utara (Altar). Perayaan Sekaten tahun ini kebetulan digelar pada Tahun Dal yang terjadi 8 tahun sekali. Pada Sekaten Tahun Dal ini diselenggarakan lebih besar dan berbeda dengan tahun-tahun biasa. Ritual istimewa tahun Dal ini antara lain mbusanani Pusaka Dalem, pemangkasan pohon beringin, mbethak kendhil Kanjeng Kyai Mrica, njejak bata atau tembok banon dan keluarnya gunungan Brama pada pisowanan garebeg tahun Dal.

pasarmalamsekaten2

Perayaan Pasar Malam Sekaten memiliki banyak hal unik dan menarik yang bisa anda temukan. Seperti aneka macam makanan khas Jogja, minuman, pakaian, dan wahana permainan khas pasar malam yang cukup mengasah adrenaline anda seperti ombak banyu, bianglala, rumah hantu, kora-kora versi pasar malam, mandi bola, komedi putar dan masih banyak lagi. Selain itu ada pentas kesenian tradisional di panggung hiburan Sekaten yang menampilkan tari-tarian tradisional, musik tradisional dan yang lainnya. Jangan lewatkan Pasar Malam Perayaan Sekaten tahun 2017 ini ya.

 

Sumber: panduanwisata.id 
Foto: replubika.co.id, hipwee.com

Joomla SEF URLs by Artio