Pengunjung Website

We have 45 guests and no members online

 Jika sebelumnya kita sudah membahas 10 tempat wisata untuk liburan seru anak di Jogja, sekarang kita akan membahas tempat-tempat selanjutnya yang tidak kalah serunya. Simak yuk.

11.Sensasi berjalan di langit-langit rumah: Upside Down World

Upside Down World menjadi salah satu wahana wisata baru di Jogja yang harus Anda kunjungi. Sensasi yang ditawarkan cukup unik, menarik dan… bikin pusing!

Tempat ini memiliki setidaknya 12 ruangan dengan perabot rumah tangga yang tersebar di beberapa titik. Yang membedakannya adalah posisi perabot tersebut yang menempel di atap dan terbalik. Nah lho!

11

Ketika berada di dalam ruangan tersebut, akan ada sensasi Anda sedang berjalan di langit-langit rumah tanpa gravitasi, melihat ke bawah dengan sejumlah perabot.

Membingungkan? Tidak juga. Namun untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengambil gambar dengan angle tertentu dan hasilnya bisa langsung dilihat. Dijamin bakal unik dan menarik!

Konsep tempat ini memang diperuntukkan mereka yang gemar berfoto unik dan menarik. Bahkan di setiap spot ruangan ada pemandu dan pengarah gaya yang akan membantu Anda untuk mengambil setiap foto dan gambar.

Yuk, berangkat!

Alamat: Jl. Ring Road Utara No.18, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta
Telepon: 0877 3821 2500
Jam Operasional: 10.00 – 19.00
Tiket Masuk: Rp80.000,- (Dewasa) | Rp40.000,- (Anak-anak)

12. Belajar menanam padi dan menabuh gamelan: Desa Wisata Brayut

Kegiatan outdoor selalu memiliki daya tarik tersendiri dan beraktivitas di alam terbuka pasti menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama buat anak-anak.

Dan dengan ditambah unsur edukasi dalam setiap kegiatan, Anda dan si kecil akan semakin menyatu sebagai keluarga, juga menambah pengetahuan. Desa Wisata Brayut menawarkan pengalaman tersebut buat Anda dan keluarga.

12

Di sini, Anda dan si kecil bisa mendapatkan sensasi menjadi petani yang sedang menanam padi. Anda turun langsung ke sawah, membawa bibit padi dan menancapkannya langsung di lumpur.

Tak ingin berkotor-kotor? Tak apa, masih ada cara lain mendapatkan pengalaman mengesankan di Desa Brayut, semisal belajar menari atau bermain gamelan, bahkan menangkap ikan.

Ingin merasakan kehidupan pedesaan? Di Desa Brayut, kesempatan itu terbuka lebar. Anda bisa tinggal bersama warga desa, makan makanan tradisional dan banyak hal lainnya.

Di sini Anda bisa mengajarkan pada si kecil seperti apa kearifan lokal serta kerja keras. Anda dan keluarga juga bisa memperkenalkan pada buah hati kehidupan Jawa di masa lalu, serta budaya dan adat istiadat yang mengiringi. Luar biasa, bukan?

Alamat: Desa Brayut, Pandowoharjo, Sleman, D.I. Yogyakarta. 
Telepon: 0815 7879 3014 (Darmadi)
Jam Operasional: 08.00 – 21.00 (Senin – Jumat)
Tiket Masuk: Mulai dari Rp3.000,- untuk setiap momen pembelajaran

13. Sehari menjadi “Charlie & The Chocolate Factory”: Cokelat Monggo

Seperti apa rasanya menjadi Charlie, yang memiliki pabrik coklat yang luar biasa dan membuat kudapan coklat yang lezat seperti di film Charlie & The Cocholate Factory?

M11 1

Tak perlu lagi membayangkan, Anda dan keluarga, terutama si kecil, bisa langsung membuat panganan itu dengan hadir langsung ke Cokelat Monggo. Cihuy!

Di sini, Anda bisa melihat langsung produk-produk yang ditawarkan Cokelat Monggo, mulai dari cokelat batang 40gr, hingga Pralines yang lezat dan menggoda dengan berbagai isian seperti durian, manga, kulit jeruk, jahe, kacang macadamia, dan lain-lain..

Anda juga bisa menyaksikan bagaimana pembuatan Cokelat Monggo di pabriknya langsung, bahkan juga bisa mencicipi hasil proses pembuatannya.

M11 2

Ingin belajar mengolah coklat dan menjadikannya sebagai panganan yang enak dan menarik? Tak masalah. Cokelat Monggo memberikan kesempatan secara khusus untuk Anda, bahkan si kecil, mendapatkan sensasi dan pengalaman sebagai koki khusus di cooking class.

Siapa yang tidak tertarik?

Alamat: Jl. Dalem KG III/78, Purbayan Kotagede, Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta
Telepon: (0274) 373 192 / 710 2202
Jam Operasional: 08.00 – 17.00
Harga tiket: Gratis

14. Nostalgia ke hiburan anak tanpa gadget: Museum Mainan Anak Kolong Tangga

K12 1

Sering dari kita mengenang masa kecil yang membahagiakan. Bisa bermain di tanah lapang, berkejaran, atau sekadar bermain di halaman rupa dengan beragam mainan dimainkan.

Pemandangan seperti itu kini sudah jarang terlihat karena anak-anak sekarang lebih asyik bermain gadget. Tapi bukan berarti mereka tak bisa mengetahui seperti apa gaya bermain dan mainan ayah ibu mereka.

Di Museum Mainan Anak Kolong Tangga, Anda bisa memperkenalkan kembali permainan dan alat bermain yang dimainkan dulu ketika masih anak-anak kepada buah hati Anda.

K12 2

Ada kuda kayu, gasing, kapal-kapalan dan banyak lagi lainnya. Total museum ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi mainan, buku cerita, poster dan banyak lagi lainnya untuk bisa dinikmati.

Ada juga kesempatan untuk memperkenalkan secara langsung kepada si kecil bagaimana memainkan permainan Anda ketika masih anak-anak. Pengelola museum menyediakan workshop untuk ini.

Anda juga bisa mengenang memori masa silam dengan memiliki mainan-mainan tradisional, yang saat ini mungkin sudah sulit dicari. Harganya sangat terjangkau, lho!

Tertarik untuk membawa putra-putri ke dunia masa kecil Anda, sekaligus mengenang kembali kehebohan tanpa gadget di masa lalu?

Alamat: Gedung Taman Budaya Yogyakarta lantai 2, Jl. Sriwedani No. 1, Yogyakarta
Telepon: (0274) 561 914 /  0811 263 3977
Jam Operasional: 09.00 – 13.00 (Selasa – Jumat) | 09.00 – 16.00 (Sabtu – Minggu).
Tiket Masuk: Rp5.000,- (Dewasa) , anak di bawah 14 tahun gratis

15. Belajar membuat gerabah dan keramik langsung di pusatnya: Desa Wisata Kasongan

Kasongan identik dengan gerabah. Jadi ketika kita ingin mengenal lebih jauh mengenai kerajinan tersebut, desa wisata ini adalah tempat yang tepat untuk dituju.

KS15 1

Kasongan menawarkan, tidak hanya beragam gerabah dan keramik yang bisa dibeli, tapi juga kesempatan untuk belajar langsung bagaimana cara membuatnya.

Yang istimewa, desa wisata ini juga memberikan waktu secara khusus untuk para pengunjung, termasuk buah hati Anda, membentuk tanah liat hingga menjadi gerabah yang siap untuk dijual.

KS15 2

Perlu diketahui, membuat gerabah menjadi kegiatan yang menyenangkan. Membentuk tanah liat, membengkokkan menjadi bentuk yang kita inginkan, menjadi rangsangan yang bagus untuk mengembangkan kreativitas.

Alamat: Kasongan, Kasihan, Tirtonirmolo, Kec. Bantul, Bantul, D.I. Yogyakarta. 
Jam Operasional: 08.00 – 18.00
Tiket Masuk: Rp50.000,- per orang untuk minimal empat orang dalam workshop pembuatan gerabah

16. Serunya Ber-mini ATV Menyusuri Pantai: Pantai Kuwaru

Bermain pasir dan air di pantai sudah menjadi hal yang biasa, tapi bisa mengendarai mini ATV tentu menjadi pengalaman yang sepenuhnya berbeda.

KW16 1

Di beberapa pantai di pesisir Bantul menawarkan wisata ATV, tapi spot di Pantai Kuwaru pantas mendapatkan perhatian khusus.

Berada di pinggiran pantai, rute yang dilalui mini ATV ini cukup menantang, namun tetap aman dan teduh. Pasalnya, lintasan ATV berada di tengah hutan cemara udang dengan dasar pasir hitam.

Mini ATV yang digunakan juga bukan mesin berkapasitas tinggi, jadi tak bisa digeber secara maksimal. Dengan spesifikasi seperti itu, mini ATV ini terbilang aman untuk dikendarai si kecil.

KW16 2

Lelah ber-ATV, Anda dan keluarga masih bisa bersenang-senang dengan bermain di pantai. Atau jika Anda mempertimbangkan untuk menghilangkan rasa lapar, ada juga sejumlah warung seafood yang siap menyajikan masakan terbaik mereka.

Tertarik?

Alamat: Dusun Kuwaru, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta
Tiket Masuk: Rp5.000,- untuk tiket masuk pantai, Rp25.000,- untuk sewa mini ATV per 15 menit
Cara ke Sana: Dari pusat kota Yogyakarta, melewati Jalan Bantul hingga tiba di Palbapang Bantul. Pilihlah jalan ke arah Pantai Samas atau Jalan Pantas Samas hingga tiba di Jalur Lintas Selatan (JLS). Dari Jalur Lintas Selatan ikuti jalan ke arah barat hingga menemukan papan petunjuk arah ke Pantai Kuwaru.

17. Mengenalkan anak dengan aneka permainan tradisional: Kampung Dolanan Pandes

Tidak ada playstation di tempat ini, atau xBox atau permainan di gadget. Di Kampung Pandes, anak-anak akan diajak bermain langsung di luar rumah, dengan langit menjadi atap dan tanah menjadi dasarnya.

DP17 1

Saat pertama masuk ke kampung ini, patung-patung dari jerami dengan pakaian tradisional langsung menyambut Anda di sepanjang jalan.

Anda dan si kecil juga bisa mendatangi setiap rumah di sepanjang jalan kampung ini dan melihat bagaimana pembuatan mainan tradisional oleh tuan rumah.

Para pemilik rumah juga tak segan memberikan bantuan dan kesempatan kepada pengunjung membuat mainan tradisional tersebut, mulai dari kitiran, wayang kertas, kapal othok-othok bahkan gamelan.

Di Kampung Dolanan Pandes ini Anda juga bisa mengenalkan kepada buah hati mengenai kearifan lokal juga apa artinya kerja keras.

Dan pastinya, selain memberikan pengetahuan tambahan untuk si kecil, Anda bisa sekaligus bernostalgia dengan mainan di masa kecil, lho.

Alamat: Dusun Pandes, Panggungharjo Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta
Cara ke Sana: Letak desa ini 9,2 km dari kota Yogyakarta ke arah selatan. Café Pyramid yang berada di Kalan Parangtritis menjadi petunjuk jalan terdekat dari dusun ini.

18. Bergembira sampai puas: KidsFun Yogyakarta

KF18 1

Dari namanya kita sudah tahu bahwa Kids Fun adalah dunia yang tepat buat anak-anak Anda bersuka ria.

Kids Fun Yogyakarta menawarkan lebih dari 20 wahana wisata untuk anak-anak Anda, mulai dari gokart, rafting, bombom car hingga flying fox.

KF18 2

Bukan hanya itu saja, ada juga parade pertunjukkan nan edukatif yang ditunjukkan untuk Anda dan keluarga, termasuk si kecil.

Berdandan ala putri, superhero atau karakter fantasi tertentu juga bisa dilakukan anak-anak Anda. Kapan lagi bisa melihat buah hati berkostum cantik ala Princess Sofia?

Di wahana Aquasplash, Anda dan putra-putri bisa menikmati sejumlah permainan air yang menarik, termasuk di antaranya kolam untuk toddler dengan beragam air mancur. Sejumlah slide juga ada untuk menampung keberanian putra-putri Anda.

KF18 3

Tak perlu juga khawatir kelaparan saat menghabiskan waktu Anda di sini karena di Kids Fun Yogyakarta juga memiliki restoran sekaligus toko cenderamata.

Rugi jika tak datang ke sini sepertinya!

Alamat: Jl Wonosari Km 10, Yogyakarta
Telepon: (0274) 435 3435 /435 3191 / 435 3363
Jam Operasional: 08.00 – 22.00
Tiket Masuk:
Kids Fun Park – Rp79.000,- (Dewasa) | Rp89.000,- (Anak-anak)
Aquasplash – Rp25.000,-

Nah, kata siapa Jogja bukan tempat yang mengasyikkan bagi anak-anak? Bahkan sepulang dari sini, si kecil tak hanya puas bermain tapi bisa mendapat banyak ilmu manfaat.

 

Sumber: indonesia.tripcanvas

Joomla SEF URLs by Artio